A topnotch WordPress.com site

Manfaat teh bisa jadi ancaman kanker prostat

– Ternyata terlalu banyak konsumsi teh tidak baik kesehatan dapat mengundang penyakit kanker prostat, sebagimana artikel berikut yang saya kutip dari detikhealth berikut. Semua orang pasti sepakat kandungan antioksidan dalam teh bisa mencegah risiko kanker. Namun menurut penelitian terbaru, terlalu banyak minum teh bisa membuat manfaatnya berbalik jadi ancaman kanker prostat pada laki-laki. Penelitian yang dilakukan di Glasgow University tersebut melibatkan lebih dari 6.000 laki-laki dewasa usia 21-75 tahun. Para partisipan diamati selama 40 tahun sejak 1970, mencakup kebiasaan minum teh dan risikonya untuk mengalami kanker prostat.

Dari seluruh partisipan yang dilibatkan, sekitar 25 persen merupakan penggemar berat minuman teh. Dalam sehari, para penggemar teh yang masuk kategori penggemar berat tersebut bisa menghabiskan lebih dari 7 gelas minuman kesukaannya tersebut. Hasil pengamatan selama 4 dasawarsa menunjukkan, 6,4 persen partisipan yang mengonsumsi lebih dari 7 gelas teh setiap hari akhirnya mengalami kanker prostat. Tidak disebutkan angkanya pada partisipan yang lain, hanya dikatakan bahwa angka ini lebih tinggi dari kelompok lain. “Kami tidak tahu apakah teh itu sendiri merupakan faktor risiko, atau jutru penggemar teh jadi lebih panjang umur dan masih hjidup ketika ancaman kanker prostat mulai datang,” kata Dr Khasif Shafiqque yang memimpin penelitian tersebut, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (19/6/2012).

 

Secara keseluruhan, hasil pengamatan memang menunjukkan bahwa penggemar teh cenderung menjalankan gaya hidup yang lebih sehat. Partisipan yang rajin minum teh lebih jarang mengonsumsi alkohol, umumnya tidak gemuk dan memiliki kadar kolesterol yang normal. Shafique mengakui bahwa hasil penelitian ini tidak menyimpulkan bahwa teh adalah penyebab kanker, namun hanya menunjukkan adanya hubungan bahwa penggemar berat mnuman teh cenderung lebih berisiko kena kanker prostat. Apalagi seperti yang diketahui selama ini, kandungan antioksidan dalam teh justru bisa mencegah risiko kanker. (up/ir)
 

Nah, itulah artikel sekilas tentang manfaat berikut akibat konsumsi teh yang berlebih dapat menyebabkan kanker prostat saya kutip dari detikhealth mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s